Pages

Category

Techno (122) Gadget (84) Komputer (81) Smartphone (76) Internet (74) Tips dan Trik Komputer (64) Pernak pernik (57) Android (51) Facebook (25) Softwear (22) Computer Virus (20) Game (18) Antivirus (15) Job Application (15) Symbian (15) sex (15) Movie (14) Berita Unik (13) Kesehatan (11) Hardwear (4) BlackBerry (3) Gosip (2) Camfrog (1) Hukum (1) humor (1)

Sunday, November 1, 2009

Jutaan Komputer di Dunia Berpotensi Jadi Botnet

Hacker
WASHINGTON - 10 juta komputer di Amerika dideteksi menyimpan software keamanan jaringan. Software tersebut dikenal berpotensi melemahkan jaringan ketimbang memperkuat.

Dilansir melalui Reuters, Senin (19/10/2009), penjahat cyber dianggap telah mampu memperdaya para pengguna internet untuk mendownload antivirus palsu. Bahkan antivirus tersebut ada yang berbayar, ada juga yang gratis.

"Ketika pengguna internet mengunduh antivirus tersebut maka itu sama saja dengan membiarkan virus berkembang biak di komputer anda dan suatu saat akan mengambil alih semua data yang ada," ujar Vice President Symantec bidang Security Response Vincent Weafer.

Menurut Weafer, sang pembuat virus akan leluasa untuk mengambil segala informasi penting yang ada dalam komputer pengguna. Bahkan komputer yang terinfeksi tersebut berpotensi menjadi botnet, jaringan komputer yang dibuat sedemikian rupa oleh penjahat cyber untuk menyebarkan email spam berisi virus mematikan secara remote.

Symantec sendiri mengklaim telah menemukan 250 jenis software antiscam yang memiliki nama Antivirus 2010 dan SpywareGuard 2008 yang telah didownload sebanyak 43 juta kali dalam setahun ini, meski ada beberapa yang tidak sukses didownload.

"Dari angka 43 juta tersebut, jumlah pengguna komputer yang berpotensi memiliki virus sebanyak 10 jutaan," papar Weafer.

Symantec juga menduga, banyak orang yang tertarik mendownload software antivirus itu dikarenakan harga yang ditawarkannya cukup murah, berkisar 1 sen hingga 55 sen per download.

Bahkan, lanjut Weafer, TrafficConverter.biz, situs yang diduga sebagai sarang botnet, pernah mempublikasikan bahwa mereka pernah mendapatkan keuntungan senilai USD332.000 per bulan hanya dengan menjual software antiscam.

Related Post



0 komentar:

Post a Comment