Pages

Category

Techno (122) Gadget (84) Komputer (81) Smartphone (76) Internet (74) Tips dan Trik Komputer (64) Pernak pernik (57) Android (51) Facebook (25) Softwear (22) Computer Virus (20) Game (18) Antivirus (15) Job Application (15) Symbian (15) sex (15) Movie (14) Berita Unik (13) Kesehatan (11) Hardwear (4) BlackBerry (3) Gosip (2) Camfrog (1) Hukum (1) humor (1)

Friday, October 16, 2009

Ilmuwan Kembangkan Bakteri Penghasil Emas

ADELAIDE - Frank Reith dari University of Adelaide dan timnya memodifikasi suatu jenis bakteri secara genetik. Setelah dimodifikasi, bakteri ini bisa menghasilkan ekstrak emas dari lingkungan dan bahan logam mulia yang berada di sekitarnya.

Ada beberapa bakteri yang memang dikenal berhubungan dengan bahan emas. Namun hingga saat ini masih belum jelas apakah bakteri tersebut turut berperan dalam emas yang dihasilkan atau tidak.

Reith beserta timnya kini menemukan bahwa emas larut rupanya merugikan bagi salah satu jenis bakteri bernama Cupriavidus Metallidurans.

"Bahan emas bisa menghambat fungsi enzim bakteri. Saat bertemu dengan bahan emas, mikroba akan mengaktifkan gen 'racun emas'. Gen ini memproduksi enzim yang bisa mengubah senyawa emas larut menjadi partikel emas metalik yang bisa merusak bakteri," Reith seperti dikutip dari Times of India, Selasa (13/10/2009).

Reith dan timnya kemudian melihat hal ini sebagai suatu peluang untuk sebuah teknik baru yang menguntungkan.

"Saat mikroba terkena kontak dengan bahan emas, mereka mengeluarkan cahaya yang bisa dideteksi mengggunakan hand-held photometer," kata Reith.

Dengan memodifikasi bakteri secara genetik serta memanfaatkan cahaya yang terdeteksi pada photometer, kerugian pada bakteri berubah menjadi sebuah keuntungan untuk menghasilkan emas dari bahan logam mulia yang berada di sekitar bakteri.

Related Post



0 komentar:

Post a Comment